Cari di iluvtari

Perlukah Asuransi Kecelakaan dan Asuransi Jiwa?

Mengendarai kendaraan baik itu motor ataupun mobil memiliki risiko untuk terjadi kecelakaan. Tentunya tidak ada yang ingin mengalami kecelakaan di jalan, namun dengan adanya proteksi diri atau melakukan pencegahan sebelum hal tersebut terjadi mungkin bisa Anda pertimbangkan. Apalagi marak terjadi begal dan kondisi lingkungan saat ini yang tidak baik khususnya untuk pengendara motor.

Melihat kondisi tersebut, memiliki asuransi kecelakaan bagi pengendara motor ataupun mobil sangatlah penting. Asuransi kecelakaan memang memberikan manfaat, apalagi jika Anda memiliki asuransi jiwa dan asuransi kecelakaan secara bersamaan. 

manfaat asuransi kecelakaan

Manfaat Asuransi Kecelakaan

Ada perbedaan antara asuransi jiwa dengan asuransi kecelakaan. Berikut ini adalah manfaat dari adanya asuransi kecelakaan:

Proteksi Jiwa

Yang ditanggung dalam asuransi kecelakaan adalah hanya bila meninggal akibat kecelakaan, dan tidak menanggung meninggal karena sakit atau sebab lainnya. Sehingga manfaat proteksi jiwa dalam asuransi kecelakaan ini terbatas saja. Bagi sebuah keluarga, sebaiknya memiliki asuransi jiwa di luar asuransi kecelakaan, karena perlu proteksi jiwa bagi sang kepala keluarga bukan hanya karena kecelakaan, tapi juga karena sakit.

Proteksi Kesehatan

Saat mengalami kecelakaan dan masuk rumah sakit atau berobat ke dokter, bahkan ke pengobatan alternatif, maka asuransi kecelakaan akan membayar biaya yang timbul. Manfaat ini sebenarnya sudah ada dalam asuransi kesehatan yang menanggung kalau Anda masuk rumah sakit atau berobat ke dokter. Apabila ada keluarga Anda yang sudah ditanggung asuransi kesehatan oleh kantor tempat bekerja saat ini, artinya manfaat biaya masuk rumah sakit atau berobat ke dokter akan dobel.

Proteksi Cacat

Nah, inilah manfaat yang utama dari asuransi kecelakaan. Kalau meninggal Anda akan ditanggung oleh asuransi jiwa, dan masuk rumah sakit sudah ditanggung asuransi kesehatan, maka apabila Anda cacat yang bisa menanggung hanyalah asuransi kecelakaan. Asuransi kecelakaan akan memberikan Anda penggantian apabila terjadi kecelakaan dan Anda menanggung cacat akibat kecelakaan tersebut. Mulai dari cacat sebagian atau cacat keseluruhan sampai tidak bisa bekerja lagi.

Besarnya uang yang diberikan tergantung dari cacat yang diderita. Kalau cacat total, hingga tidak mampu bekerja mencari nafkah lagi, maka uang yang diterima dari asuransi bisa digunakan untuk membiayai hidup. Apalagi kalau yang mengalami kecelakaan adalah kepala keluarga, maka uang yang keluar dari asuransi dapat digunakan untuk membiayai kehidupan keluarga. 

Tentunya tidak ada yang mengharapkan bisa mendapatkan manfaat dari asuransi kecelakaan ini, karena tidak berharap ada yang mengalami kecelakaan. Akan tetapi melindungi kepala keluarga atau anggota lainnya dari hal-hal yang tidak diinginkan, sekaligus melindungi keuangan keluarga itu penting untuk dilakukan. 

Jika Anda mencari lowongan kerja di sebuah perusahaan atau pabrik. Pastikan bahwa perusahaan tersebut memberikan asuransi kecelakaan untuk membiayai perawatan, pada saat pekerja terluka, sakit, atau bahkan kematian, yang diakibatkan oleh pekerjaan atau perjalanan kerja. Jika di lowongan kerja tidak dicantumkan hak karyawan untuk mendapatkan asuransi kecelakaan, cobalah untuk bertanya pada saat wawancara atau melalui email. Anda perlu memastikan bahwa Anda akan aman selama bekerja di perusahaan tersebut. 

No comments