Cari di iluvtari

7 Tahap Pemasangan Keramik pada Dinding Rumah

pemasangan keramik
https://www.freepik.com/free-photo/top-view-boards-mdf-material_26733294.htm

Keramik tidak hanya bisa dipasang di area lantai, melainkan bisa juga dipasang di area dinding. Tentunya, memasang keramik di lantai yang arahnya horizontal akan sedikit berbeda dengan cara pemasangan keramik di bagian dinding yang vertikal.

Supaya bisa terpasang dengan benar, untuk itu artikel ini akan mencoba membahas tentang tahapan-tahapan yang biasanya dilakukan ketika hendak memasang keramik, layaknya keramik berukuran 80 x 80 cm, di bagian dinding. Simak pembahasan lebih lanjutnya mengenai tahapan-tahapan tersebut pada poin-poin penjelasan di bawah ini.

7 Langkah Memasang Keramik pada Dinding

Memasang keramik, baik di area lantai maupun di area dinding, bukan merupakan kegiatan yang tergolong mudah. Ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan agar keramik-keramik tersebut pada akhirnya bisa terpasang dengan sempurna.

Apabila Anda berencana memasang keramik berukuran 80 x 80 cm pada bagian dinding di rumah, pastikan Anda telah mempelajari tahapannya terlebih dahulu. Langkah-langkah pemasangan keramik pada bagian dinding antara lain yaitu sebagai berikut.

Menyiapkan Alat dan Bahan

Tahapan atau langkah pertama yang biasanya dilakukan ketika akan memasang keramik di permukaan dinding yaitu Anda perlu mempersiapkan alat dan bahan apa saja yang sekiranya akan dibutuhkan pada proses ini. 

Beberapa alat dan bahan yang akan Anda butuhkan selama proses memasang keramik antara lain yaitu keramik itu sendiri, meteran, papan aplikator, benang, pensil, alat pemotong keramik, hingga produk perekat keramik untuk membantu agar keramik tersebut bisa terpasang dengan sempurna pada permukaan dinding.

Pemasangan Keramik pada Dinding Rumah
https://www.freepik.com/free-photo/tiler-working-renovation-apartment_22698703.htm

Melindungi Area Lantai

Apabila peralatan dan bahan untuk memasang keramik sudah dipersiapkan, maka berikutnya Anda bisa melanjutkan tahapan dengan menutupi area lantai supaya terlindungi selama proses tersebut dilakukan. 

Ketika hendak memasang keramik di area dinding, langkah ini perlu dilakukan supaya lantai yang sudah rapi tidak berubah menjadi kotor dan penuh noda. Untuk melindungi lantai dari kemungkinan noda dan kotoran, Anda bisa menggunakan peralatan yang dimiliki untuk menutupnya, misalnya plastik hingga kertas koran.

Merancang Tata Letak

Supaya hasil memasang keramik pada bagian dinding bisa rapi, maka Anda perlu melakukan perancangan tata letak terlebih dahulu. Sebelum itu, pastikan anda telah mengukur permukaan dinding yang ingin dipasangi keramik agar perancangannya tepat. 

Kemudian, agar hasilnya rapi dan terlihat menarik, ada baiknya Anda memulai pengerjaan memasang keramik pada dinding ini dari dinding utama atau dinding di tengah yang posisinya sering kali menjadi pusat perhatian. 

Tips ini bisa dilakukan untuk mencegah terpasangnya potongan keramik di tengah-tengah dinding yang bisa merusak tampilan.

Menggunakan Perekat Keramik

Baik memasang keramik di area lantai maupun dinding, Anda perlu menggunakan produk perekat keramik yang berkualitas. Pilihlah produk perekat keramik dari merek ternama yang bisa membuat keramik pilihan Anda merekat dengan sempurna ke permukaan dinding. 

Salah satu produk perekat keramik yang bisa Anda andalkan ialah SikaCeram®-180 GA TileFix. Produk ini tidak hanya bisa digunakan untuk merekatkan keramik ke permukaan lantai, melainkan juga ke area dinding.

Dengan menggunakan SikaCeram®-180 GA TileFix, Anda bisa merasakan keunggulannya yang menawarkan daya lekat sangat baik dan proses pengaplikasian yang sangat mudah. Untuk menggunakannya, Anda cukup menambahkan air saja. Kemudian, jika Anda ingin memasang keramik tipe granit, produk ini juga bisa diandalkan.

SikaCeram®-180 GA TileFix merupakan produk andalan Sika dengan kemasan berukuran 25 kg. Anda bisa menyimpan produk ini hingga 9 bulan dari tanggal produksi. Namun, pastikan kondisi segel tidak rusak dan belum terbuka.

Mulai Pemasangan Keramik

Apabila sudah menemukan produk perekat keramik yang paling tepat, maka Anda bisa memulai proses memasang keramik pada dinding di rumah. Pastikan Anda mengoleskan adonan perekat keramik dengan ketebalan yang pas pada permukaan dinding. 

Selanjutnya, Anda bisa menempelkan keramik dan mengetuk-ngetuk keramik tersebut dengan memanfaatkan peralatan rumput layaknya palu karet. Hal ini berguna untuk membantu agar keramik bisa merekat dengan baik. 

Supaya keramik bisa terpasang dengan rata, Anda bisa menggunakan benang sebagai alat bantunya. Untuk dijadikan pertimbangan, pasanglah keramik mulai dari area bawah, kemudian diteruskan ke atas. 

Grout Keramik

Jika keramik sudah terpasang seluruhnya, maka sekitar 3 hari setelahnya Anda bisa mulai memasang grout. Agar hasil keramik dinding semakin menarik, tahapan ini penting untuk dilakukan. Pastikan Anda memilih produk nat berkualitas dan warnanya senada agar keseluruhan komponen bisa serasi.

Tahap Pembersihan

Pada tahapan ini, Anda bisa melakukan pengecekan terkait kualitas keramik terlebih dahulu. Kemudian, lakukan pembersihan terhadap kotoran atau noda yang masih melekat pada area dinding maupun lantai, agar hasilnya bisa lebih indah.

Kesimpulan

Memasang keramik pada permukaan dinding perlu dilakukan dengan hati-hati. Supaya keramik terpasang dengan rapi, maka Anda perlu melakukannya dengan langkah atau tahapan yang benar.

Berdasarkan uraian di atas, langkah-langkah yang dilakukan untuk memasang keramik pada area dinding yaitu mulai dari menyiapkan alat dan bahan, melindungi area lantai dengan menutupinya, merancang tata letak keramik, menggunakan perekat keramik, mulai memasang keramik, melakukan grout keramik, dan tahap pembersihan.

Salah satu hal penting yang bisa mendukung proses terpasangnya keramik dengan baik ke dinding ialah perihal pemilihan produk perekatnya. Seperti yang sudah disebutkan, produk SikaCeram®-180 GA TileFix bisa menjadi solusi yang dipertimbangkan jika Anda hendak memasang keramik, misalnya yang berukuran 80 x 80 cm.

Dengan pengalaman yang dimilikinya selama 114 tahun, Sika membuktikan kualitasnya dengan banyaknya proyek besar di dalam dan juga di luar negeri, seperti Renovasi Museum Zeitz di Cape Town. Patut diketahui juga bahwa Sika meluncurkan produk waterproofing semen pertama kali di Indonesia.

Untuk Anda yang berencana melakukan pemasangan keramik pada permukaan dinding dan ingin menggunakan SikaCeram®-180 GA TileFix, Anda bisa ketahui lebih dalam informasinya dengan klik di sini.

No comments