Cari di iluvtari

Inilah Waktu yang Tepat untuk Beli Rumah

investasi online
Foto oleh Khwanchai Phanthong
Hunian atau rumah, adalah salah satu hal yang cukup penting untuk dimiliki. Namun, tak sedikit yang bingung kapan harus membelinya. Hal ini dikarenakan berbagai hal, mulai dari harga rumah yang tidak murah dan selalu naik setiap tahunnya, biaya perawatan hingga berbagai administrasi yang harus diurus. Karenanya, tak sedikit yang lebih memilih untuk menunda membeli rumah.

Namun, memiliki rumah juga termasuk salah satu investasi untuk jangka panjang. Oleh karena itu, jika ingin membeli rumah, pastikan kamu telah memiliki rencana finansial yang matang. Salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk membantu menyiapkan dana pembelian rumah adalah dengan menggunakan investasi online.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Beli Rumah?

Nah, untuk membantu kamu, di bawah ini ada beberapa informasi mengenai kapan waktu terbaik untuk membeli sebuah rumah. Simak ulasannya dengan saksama.

1. Berstatus Pekerja Tetap

Memiliki pekerjaan tetap adalah salah satu hal pertama yang perlu dipertimbangkan ketika kamu berencana membeli sebuah rumah, baik secara tunai ataupun mencicil. Karena, tidak sedikit bank konvensional yang memberikan prioritas pada nasabah yang telah memiliki pekerjaan tetap.

Sedangkan untuk nasabah atau konsumen yang masih berstatus karyawan kontrak, biasanya dianggap memiliki kondisi finansial yang tidak stabil. Hal ini juga sebagai upaya preventif terhadap berbagai kemungkinan terburuk di masa yang akan datang.

2. Investasi

Salah satu manfaat investasi adalah membantu kamu mempersiapkan dana untuk tujuan dan pada jangka waktu tertentu dengan terstruktur. Sehingga dapat membantu kamu membuat rencana membeli rumah dengan lebih matang. Hal ini dikarenakan dana yang kamu investasikan akan mengalami kenaikan nilai. Oleh karena itu, kamu juga perlu mencari tahu, jenis instrumen investasi apa yang paling cocok sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

3. Suku Bunga

Suku bunga di pasar seringkali mengalami kenaikan yang cukup signifikan, sehingga membuat beberapa sektor mengalami kenaikan nilai. Oleh karena itu, jika kamu sudah memiliki dana yang cukup untuk membeli sebuah rumah, tetapi suku bunga sedang tinggi, cobalah tunggu sampai suku bunga tersebut mengalami penurunan terlebih dahulu. Sebab, hal ini juga dapat berpengaruh pada besarnya nilai cicilan rumah yang akan kamu tanggung.

4. Kondisi Keuangan

Salah satu hal yang tidak boleh kamu lupakan adalah memastikan jika kondisi finansial sudah dalam keadaan stabil, apalagi jika kamu membeli rumah dengan cara mengangsur. Beberapa hal yang dapat kamu pertimbangkan adalah apakah masih ada tanggungan angsuran yang lain dengan jumlah yang cukup besar dan jangka waktu cukup panjang. 

Jika kondisi kamu demikian, tidak ada salahnya untuk menunda terlebih dahulu rencana pembelian rumah.  Sebab, salah satu kategori ideal ketika membeli rumah dengan sistem cicilan adalah tidak lebih dari 30% penghasilan kamu. Hal ini bertujuan agar kondisi keuangan kamu tidak mengalami masalah dan dapat diatur dengan lebih bijak.

5. Usia Produktif

Waktu yang tepat untuk membeli rumah yang selanjutnya adalah ketika usia kamu masih muda atau produktif. Ketika berada di usia produktif, paling tidak kamu sudah memiliki pekerjaan dan penghasilan bulanan. Mulailah dengan menabung dalam jumlah kecil dan membuat rencana panjang untuk memiliki rumah, bahkan kamu juga bisa menggunakan investasi online untuk membantu meningkatkan biaya yang dibutuhkan.

manfaat investasi
Foto oleh Curtis Adams dari Pexels
Investasi online adalah salah satu pilihan bijak yang dapat kamu gunakan menyiapkan dana untuk membeli rumah. Namun, pastikan bahwa instrumen investasi yang dipilih adalah sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan agar manfaat investasi yang dihasilkan lebih optimal. 

Rekomendasi aplikasi investasi online yang dapat kamu gunakan untuk membantu berinvestasi adalah Aplikasi digibank by DBS. Layanan investasi dilakukan secara online dan dapat diakses dengan mudah melalui ponsel, tetapi terjamin keamanan semua transaksi nasabahnya. Selain itu, kamu juga dapat mengikuti digibank Live & Learn yang berisi berbagai kelas online tentang investasi dan finansial.

Kemudian, tersedia juga alert notifikasi yang dipersonalisasi sesuai portofolio nasabah dan kondisi pasar. Untuk mendapatkan manfaat investasi yang maksimal, kamu dapat berdiskusi dengan digibank Advisor, yang akan membantu memberikan rekomendasi strategi investasi sesuai dengan kebutuhan kamu, termasuk rencana membeli rumah. 

Dari Aplikasi digibank by DBS ini, kamu juga bisa mengakses wealth 101 yang berisi lebih dari 100 artikel edukasi seputar investasi hingga keuangan, dan dipaparkan langsung oleh pakar dari digibank by DBS. Menariknya lagi, terdapat 150+ pilihan produk investasi terjangkau dan dapat dibeli, jual maupun dialihkan dengan mudah melalui 1 aplikasi. Maka akan semakin memudahkan semua kegiatan investasi online. 

Dari satu aplikasi investasi digibank by DBS, membantu kamu merasakan manfaat investasi secara optimal, sebab dapat disesuaikan dengan semua kebutuhan para nasabah. Jika kamu ingin melakukan kegiatan investasi online untuk pembelian rumah, maka sebaiknya tidak menunda untuk berinvestasi. 

Nah, untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap mengenai aplikasi digibank by DBS, semua kegiatan investasi dan berbagai keuntungannya, kamu dapat membacanya di sini.


No comments